Gold Price

Category

Search This Blog

Sunday, July 4, 2010

Filosofi Kalender China

Oleh: Parlin Nainggolan, 22 Juni 2010






Sering kita lihat kalau berkunjung ke rumah-rumah atau toko-toko etnis China atau Tionghoa, terdapat kalender yang memperlihatkan tanggal dan hari pada saat itu, dan jika ingin melihat tanggal dan hari ke esokan harinya, maka lembar tersebut harus di buka atau di sobek. Tidak seperti kalender yang dimiliki kita seperti biasanya, yang pada satu lembar atau satu halaman  memperlihatkan tanggal dan hari selama satu bulan bahkan kadang kala bisa tanggal dan hari selama dua bulan.


Kenapa kebanyakan suku dan etnis Tionghoa atau China memiliki kalender yang menunjukkan tanggal dan hari pada lembar atau halaman depan hanya pada satu hari itu saja…???


Ternyata makna filosofisnya adalah :


Kalender yang memiliki hari dan tanggal pada satu hari dihalaman atau lembar terdepan memiliki makna: kita sudah tidak perlu lagi melihat hari dan tanggal sebelumnya, karena masa lalu tidak perlu dilihat lagi. Oleh karena itu, kita harus melakukan suatu hal yang terbaik pada saat sekarang dengan melakukan kegiatan yang baik untuk menghasilkan segala sesuatu yang baik, didalam menghadapi kehidupan pada masa depan yang tidak bisa kita lihat, karena masa depan sulit diprediksi. Untuk itu perlu dipersiapkan segala sesuatu pada saat ini, untuk menghadapi ketidakpastiaan pada masa yang akan datang.




"Yesterday is history. Tomorrow is a mystery. Today is a gift. That's why it's called the present." 




Sumber

0 comments:

Post a Comment