Gold Price

Category

Search This Blog

Tuesday, June 29, 2010

The Secret Of Success


Penulis : SOEGIANTO HARTONO
Rabu, 15-Oktober-2008



Anda tentu mengenal pohon mangga, cobalah untuk melihat pohon tersebut dengan seksama dan lebih dalam. Ketika anda melihat sepintas, anda akan menemukan sebatang pohon dengan ranting-ranting dan daun-daun yang melekat pada ranting pohon tersebut. Bila anda melihat lebih dalam dapatkah anda melihat bahwa di dalam pohon mangga itu terdapat buah mangga yang begitu manis dan enak?

Setiap pohon mangga tentu akan menghasilkan buah mangga, namun untuk bisa berbuah dengan lebat dan menghasilkan buah yang manis, tentu dibutuhkan berbagai macam unsur penyebab, seperti air, mineral, sinar matahari, tanah yang subur, udara , tukang kebun dan sebagainya. Tidak hanya itu saja yang dibutuhkan agar buah mangga itu muncul, masih ada beberapa keadaan lain yang perlu ada, yaitu buah mangga akan muncul jika keadaan mendukung, bila keadaan tidak mendukung misalkan angin terlalu kencang atau terjadi badai, tentu buah itu tidak akan muncul alias keguguran atau bersembunyi; dan yang terakhir tentunya faktor waktu juga merupakan keadaan yang dibutuhkan agar buah itu muncul dengan sempurna. Bila waktu yang dibutuhkan tidak mencukupi, sudah pasti buah mangga itu akan terasa asam dan tidak enak di makan. Jadi agar pohon mangga itu dapat menghasilkan buah mangga yang sempurna, di butuhkan unsur-unsur penyebab yang memadai dan mencukupi untuk munculnya buah; keadaan harus mendukung dan di butuhkan waktu yang tepat.

Demikian juga dengan kesuksesan, tidak ada sukses secara kebetulan dan tidak ada jalan pintas untuk sukses, semua tahap dan semua unsur harus benar-benar cukup ( lengkap ), barulah sukses itu terjadi. Bila anda menginginkan sukses, anda harus mengumpulkan terlebih dahulu semua unsur penyebab terjadinya sukses, menantikan keadaan yang mendukung ( datangnya kesempatan ) dan menantikan waktu yang tepat. Pilihlah terlebih dahulu bidang apa yang ingin anda kerjakan, lebih baik anda pilih bidang yang anda sukai, atau bidang yang telah anda kuasai, dan yang penting anda bisa menikmati apa yang sedang anda kerjakan.

Bila anda mengerjakan sesuatu namun anda merasa tidak nyaman, itu berarti anda tidak sesuai dengan bidang itu, temukan yang lain yang lebih sesuai dengan minat anda. Anda harus benar-benar bisa menikmati pekerjaan itu, karena ini merupakan nunsur terpenting untuk munculnya semangat dan antusiasbersabar dan terus mengumpulkan nya. Bila anda memaksakan kehendak saat semua unsur penyebab ini belum lengkap, itu artinya anda tergesa-gesa, lebih dalam lagi tentu pikiran anda melekat dengan uang, atau dengan kata lain anda merasa kekurangan uang. Bila hal ini terjadi dan anda tidak mengendalikan pikiran anda, maka pikiran anda akan membawa anda ke tempat lain. alhasil keinginan anda akan prematur, anda tidak akan pernah mencapai apa yang anda inginkan.

Bersambung ………………… pada diri anda yang anda butuhkan sebagai bahan bakar penggerak diri anda. lalu bangunlah kompetensi dan keunggulan pada bidang yang anda kerjakan itu, terus belajar, berlatih dan meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan untuk membangun kompetensi dan keunggulan diri anda. Inilah cara mengumpulkan semua unsur penyebab agar sukses itu bisa terjadi. Jika unsur-unsur ini belum lengkap, anda haruserlu anda ketahui, bahwa apa yang anda inginkan akan selalu diberikan kepada anda jika anda telah siap menerima, bila tidak, Dia akan menunda untuk memenuhi keinginan anda, karena bila anda belum siap, anda akan kesulitan untuk menerimanya, bahkan akan menjadi beban bagi anda. Untuk mengatasi ini lebih baik anda menikmati proses belajar, berlatih dan meningkatkan keterampilan itu.

Bilamana semua unsur ini telah mencukupi, kompetensi dan keunggulan yang anda miliki sudah memadai, anda dengan sendirinya akan mendapatkan dorongan dari dalam diri anda untuk muncul. Jangan kawatir, itu sudah pasti, percaya lah itu.

Bila diri anda telah siap, tentu kesempatan baik itu akan datang menjemput anda. Pada tahap ini mulailah untuk memperkenalkan diri anda kepada masyarakat, informasikan apa yang menjadi kompetensi dan keunggulan diri anda, apa saja yang bisa anda lakukan bagi orang lain dan lakukan pekerjaan anda seperti biasa sebaik mungkin. Apa yang anda lakukan ini untuk memancarkan getaran ke alam semesta dan menarik lebih cepat kesempatan itu datang, namun sekali lagi jangan tergesa-gesa, biarkan semuanya berjalan secara alami. Bila anda merasa ragu, duduklah rileks , pejamkan mata dan tarik nafas dalam lalu hembuskan, kemudian bayangan masa depan yang anda inginkan, suatu gambaran akhir tentang tujuan anda. Fokuskan pada gambaran ini sesering mungkin, inilah cara untuk menghilangkan keraguan dan ketakutan akan kegagalan.

Cara lain untuk meredakan keraguan anda, ingatlah kalimat ini :" penundaan bukanlah berarti penolakan dari Tuhan ". Dengan mengingat - ingat kalimat ini mudah - mudahan anda tidak lagi gusar dan patah semangat.Nah.., sekarang tinggal satu keadaan lagi yang anda butuhkan untuk bisa sukses yaitu waktu. Bila waktunya sudah tiba, anda pasti sukses. Seperti pohon mangga itu, bila waktunya sudah tiba buah mangga itu akan muncul secara serentak dan bisa dinikmati oleh siapa. Demikian juga dengan diri anda, bila waktunya telah tiba, tidak ada lagi yang bisa menghalangi anda untuk sukses. Namun jika waktunya belum tiba, apapun upaya yang anda lakukan tetap tidak akan membuahkan hasil yang anda inginkan. Inilah rahasia alam semesta, Dia selalu membantu siapa saja yang layak untuk di munculkan. Untuk ini temukan dan pilihlah siapa diri anda, apakah anda ingin menjadi buah mangga, atau buah jeruk atau buah anggur, terserah pilihan anda.

Bertekunlah dan bersabarlah dalam menjalani proses yang harus anda jalani. Bila anda sudah jelas tentang pilihan siapa diri anda, maka alam semesta akan mendatangi dan membantu anda untuk muncul dan berkembang sesuai dengan pilihan anda.Sebagai penutup tulisan ini, seorang guru spiritual terkemuka mengatakan bila waktunya telah tiba, semuanya akan menjadi indah.

0 comments:

Post a Comment