Gold Price

Category

Search This Blog

Saturday, June 26, 2010

10 Tips Praktis Mengenali Kanker Sejak Dini















foto:/rezhadf.files.wordpress.com



Apa sih ciri-ciri kanker stadium dini? Nah, artikel ini akan membantu Anda mengenali gejala atau tanda awal kanker, sehingga Anda dapat memutuskan langkah selanjutnya.

Menurut Wan Desen (2008), setidaknya ada sepuluh tanda peringatan untuk tumor atau kanker yang menuju ke arah keganasan, yaitu:

  1. Pada kelenjar payudara, kulit, lidah, atau bagian lain tubuh teraba benjolan yang tidak hilang.
  2. Tahi lalat mengalami perubahan mencolok, misalnya: warnanya berubah, ukurannya cepat bertambah besar, terasa gatal, rambutnya lepas atau mudah dicabut, keluar cairan, mudah berdarah.
  3. Gangguan proses pencernaan yang berlangsung dalam waktu lama atau terus menerus dan tidak segera menghilang.
  4. Waktu menelan terasa ada hambatan, nyeri, rasa tidak nyaman atau tidak enak di belakang tulang dada, terasa ada benda asing di kerongkongan, atau nyeri di ulu hati.
  5. Telinga berdenging, pendengaran menurun, hidung tersumbat, mimisen, riak atau dahak yang dikeluarkan berdarah, sakit kepala (terus menerus), benjolan di leher.
  6. Perdarahan haid yang abnormal, di luar masa haid, atau di masa menopause timbul perdarahan melalui vagina yang tidak teratur, juga berdarah bila tersentuh.
  7. Suara parau, batuk kering, batuk berdarah yang berkelanjutan atau terus menerus.
  8. Tinja bercampur darah, lendir, atau diare (mencret), sembelit (sukar buang air besar) yang terjadi bergantian tanpa penyebab yang jelas; kencing bercampur darah (hematuria) yang penyebabnya tidak diketahui (idiopatik).
  9. Luka yang tak kunjung sembuh, atau lama sekali sembuh.
  10. Berat badan menurun tanpa penyebab yang jelas.
Jika Anda mengalami satu saja dari sepuluh tanda atau gejala di atas, segeralah berkonsultasi ke dokter. Perlu diketahui, semakin awal/dini kanker ditemukan, maka semakin mudah dan cepat pengobatannya, sehingga Anda pun tak lagi memerlukan operasi.


Dr. Dito Anurogo, dokter online, penemu Hematopsikiatri, penulis buku dan ebook, pecinta budaya-sastra-seni-filsafat, yang pernah aktif di FLP (Forum Lingkar Pena) Semarang dan Member of IFMSA (International Federation of Medical Students' Associations). Prestasinya: pernah menjadi satu-satunya delegasi Indonesia untuk INTERNATIONAL TRAINING EXCHANGE PROGRAMME di Hungaria, satu-satunya Delegasi Indonesia untuk riset di Italia. Tulisannya menghiasi rubrik Kesehatan Suara Merdeka. Pernah juga menjadi Nominator Lomba Penulisan Esai Ilmiah Populer Harun Yahya International Award 2003. Delegasi SMU Negeri 1 Semarang dalam Olimpiade Matematika tingkat Internasional. Adapun sebagian karyanya: Pelangi Jiwa, Hematopsikiatri: Hubungan Golongan Darah dengan Depresi, Burung Jiwa, dsb. Dapat dihubungi via email: ditoanurogo@gmail.com

0 comments:

Post a Comment