Gold Price

Category

Search This Blog

Thursday, October 25, 2012

Goals are important


By Nita Clarissa, Posted October 20, 2012


Pernah mendengar cerita Alice in Wonderland? Dalam kisah yang dikarang oleh Lewis Carol ini, terdapat adegan dimana Alice sedang berjalan di tengah hutan dan ia menemukan ada 2 persimpangan jalan, yang satu ke kiri dan yang satu ke kanan. Alice bingung untuk melanjutkan langkahnya. Kemudian ia menemukan seekor kucing yang sedang duduk di sebuah dahan pohon. Alice pun bertanya, "Jalan mana yang harus kuikuti?" Lalu si kucing balik bertanya, "kamu mau kemana?" Alice menjawab, "tidak tahu." "Jika kamu tidak tahu kemana kamu akan pergi, tidak penting jalan kiri atau kanan, jalan manapun dapat kamu ambil," jawab kucing tersebut.

Dari cerita Alice tersebut dapat dilihat bahwa Alice tidak memiliki tujuan, dan ia pun jadi kesulitan untuk menempuh jalan yang harus ia ambil. How true. When we don't know where we are going, any road will take us there.

Jika kita tidak mempunyai tujuan apa-apa, maka apa yang akan kita temui tidak akan berarti apa-apa. Apa pun yang akan terjadi nantinya tidak memberikan efek apa pun. Kita akan tidak bisa mengukur nantinya, apakah perjalanan yang ditempuh memberikan manfaat bagi diri kita atau tidak.

Sudah seharusnya kita mempunyai rencana dan tujuan yang jelas. Apa yang kita inginkan, mau dibawa kemana hidup kita ini, dan apa target kita di tahun-tahun mendatang? sebagai contoh adalah berapakah IP yang harus saya raih untuk semester depan?

Jika kita tidak mempunyai goals, maka kita tidak akan mengetahui apakah perjalanan kita telah memberikan nilai positif terhadap kehidupan kita, sehingga kegiatan kitapun akan menjadi rutinitas biasa.

Berbeda halnya, ketika kita memiliki rencana yang jelas, maka jika apa yang kita temui tidak sejalan dengan target kita, maka kita akan sedini mungkin melakukan tindakan perbaikan dan mengoreksi diri sendiri.

95% dalam mencapai segala sesuatu dilakukan dengan mengetahui apa yang anda inginkan dan berupaya untuk mencapainya. ~Brian Tracy~   Enthusiasm without direction is like wildfire and leads to frustration. Goals give a sense of direction. Jadi, mulailah untuk memiliki rencana dan arah tujuan yang jelas sehingga kita bisa mengarahkan diri kita untuk melakukan kegiatan yang tidak sia-sia dan tepat pada tujuan.

Sumber

0 comments:

Post a Comment