Gold Price

Category

Search This Blog

Thursday, August 16, 2012

Pertolongan pertama di rumah



Thrombophob Gel



Gel ini pertolongan pertama untuk yang terantuk atau terjatuh. Maklumlah, namanya anak-anak ngga bisa diam. Lari sana sini, tahu-tahu jatuh, tahu-tahu terantuk, tahu-tahu benjol segede kelereng. Supaya benjol cepat kempes dan menghindari timbulnya memar, oleskan gel ini. Rasanya sejuk di kulit. Tapi hindari jika ada luka terbuka.


Betadine Antiseptik



Jaman dulu kita tahunya obat luka dengan sebutan obat merah, karena warnanya yang merah :D Tapi sekarang obat merah sudah tak pernah saya temui lagi di pasaran, paling juga ada yang buatan cina. Sebagai gantinya adalah Betadine Antiseptik untuk pertolongan terhadap semua luka terbuka. Malah saya pernah (baca atau lihat iklannya di TV, lupa juga) tahu bisa juga dipergunakan untuk mengobati gangguan jamur di kaki. Boleh dicoba tuh kalau salep anti jamur sudah tak mempan :D

O,ya, mungkin anak-anak juga suka jika diberi plester penutup luka yang berguna untuk mempercepat penyembuhan luka sekaligus melindunginya dari debut. Apalagi sekarang banyak plester yang bergambar lucu-lucu. Hanya saja, dari pengalaman saya, plester harus sering diganti, setidaknya setiap kali habis mandi, dan tidak dipakai dalam jangka waktu terlalu lama. Luka akan lebih lekas sembuh jika dibiarkan kering secara alami. Membiarkannya tertutup plester terus menerus membuat luka sulit kering.


Salep Antiseptik Betadine



Sama-sama Betadine, tapi yang ini gunanya untuk luka terbakar. Biasa kan, ibu-ibu menggoreng lauk di dapur lalu kecipratan minyak. Anak-anak yang diam-diam menyalakan korek api lalu kena jarinya. Dan ternyata masih ada saja yang percaya bahwa luka bakar semacam itu pertolongan pertamanya pakai mentega, kecap, bahkan pasta gigi! Padahal cukup dibasuh dengan air dingin mengalir untuk hilangkan kotorannya lalu diolesi salep ini. Insya Allah lukanya ngga akan meninggalkan bekas.


Microlax



Seringkali anak-anak susah disuruh makan sayur dan buah, akibatnya buang airnya pun keras. Kalau dipaksakan biasanya anak akan merasa kesakitan bahkan dinding dubur juga bisa ikut berdarah. Pertolongan pertama bagi anak yang sembelit ini adalah gel Microlax yang dimasukkan langsung ke lubang dubur anak. Dalam waktu sekitar 10 menit tinjanya akan melunak dan keluar sendiri.


Norit



Sulit buang air jadi pikiran, apalagi kalau anak justru buang air melulu. Pertolongan pertama yang bisa diberikan adalah memberinya norit. Mungkin anak akan kesulitan memakannya dalam bentuk tablet, maka harus dihaluskan terlebih dahulu. Alternatif lain, Entrostop Anak dalam bentuk sirup.


Dettol



Saya selalu sedia Dettol di rumah sejak anak laki-laki  saya pernah didiagnosa infeksi saluran kencing. Ada bakteri yang membuat ujung kemaluannya merah, bengkak dan perih dan membuat ia sulit buang air kecil. Menurut diagnosa dokter, ini sangat umum terjadi di kalangan anak usia balita. Mereka sering secara tidak sadar memegang kemaluannya padahal mungkin saja tangannya kotor. Selain diobati dari dalam, anak saya secara rutin juga dibasuh setelah buang air kecil dengan larutan Dettol. Alhamdulillah lekas sembuh. Larutan Dettol juga nyaman dipakai untuk mengurangi rasa gatal dan membantu pengobatan jamur di kaki.


Johnson Clear Lotion Anti Mosquito



Sebenarnya ini ngga tergolong pertolongan pertama ya, tapi tindakan pencegahan. Anak-anak pasti ngga betah di dalam rumah terus, maunya main di luar. Di dalam rumah saja banyak nyamuk, apalagi di luar! Lotion ini gampang dioleskan, ngga lengket dan baunya harum. Anak-anak pasti ngga keberatan dioles dulu sebelum bermain. Pilihan lainnya, bisa pakai Zwitsal Skin Protector, yang juga bisa dioleskan ke kulit yang sudah terlanjur digigit serangga. Memang agak lengket dan berbau wangi serai, tapi bisa jadi alternatif kalau kurang menyukai minyak tradisional semacam minyak tawon.


Vick’s Vaporub



Saat flu, biasanya anak kesulitan tidur karena hidungnya tersumbat. Frustrasi dan malah menangis yang ujung-ujungnya bikin hidung tambah mampet. Coba oleskan Vick’s Vaporub ke dada, leher dan punggung bisa mengurangi penderitaannya. Anak juga akan merasa nyaman jika dipijit di bagian belakang telinganya. Tapi jangan coba-coba mengoleskannya ke bawah hidung. Selain kurang baik untuk pernafasannya, juga bahaya jika terkena ke bagian mata. Jika perlu, lebih baik gunakan yang memang untuk dihirup, yaitu Vick’s Inhaler.


Progesic



Anak bisa tiba-tiba saja demam. Demamnya sendiri memang bukanlah penyakit, tapi sebagai tanda bahwa antibodi tubuh sedang melawan penyakit. Namun anak tidak bisa dibiarkan dalam kondisi demam, karena pasti tubuhnya terasa tidak nyaman, jadi rewel dan bisa bertambah tinggi suhunya bahkan jadi kejang. Obat turun panas memang sebaiknya tersedia selalu di rumah. Saya biasanya sedia Sanmol, karena memang untuk anak-anak dianjurkan pemakaian parasetamol dibanding ibuprofen. Namun setelah menginjak usia di atas 2 tahun, disarankan oleh dokter untuk menggantinya dengan Progesic. Jika sudah pernah dibuka kemasannya, obat-obatan non antibiotik bisa dipergunakan hingga 3-4 bulan ke depan. Asalkan ditutup rapat dan disimpan di dalam kulkas dan tidak mengalami perubahan warna, rasa serta bau.

Sumber

0 comments:

Post a Comment