Gold Price

Category

Search This Blog

Thursday, August 26, 2010

Air Bisa Menurunkan Berat Badan


RABU, 25 AGUSTUS 2010 | 14:22 WIB

lifedynamix.com
TEMPO InteraktifVirginia - Mengonsumsi air  merupakan strategi efektif mengurangi berat badan. Meminum hanya dua gelas air sebelum makan membantu orang menurunkan berat badan. Demikian studi Brenda Davy, PhD, profesor gizi di Virginia Tech yang dipresentasikan pada Pertemuan Nasional 2010 dari American Chemical Society di Boston.
"Studi sebelumnya, kami menemukan minum dua cangkir air tepat sebelum makan akan mendapatkan antara 75 dan 90 kalori lebih sedikit dari pada tak minum air", kata Davy.

Studi ini melibatkan 48 orang dewasa antara usia 55 dan 75 yang dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok minum dua cangkir air sebelum makan dan yang lain tidak. Semua peserta makan diet rendah kalori selama penelitian. Usai 12 pekan, peminum air yang hilang sekitar 15,5 pound (sekitar 8 kilogram). Sedang yang tak minum air, hanya kehilangan 11 pound. Davy mengatakan sebelum bergabung dalam penelitian ini peserta studi minum sekitar 1,5 cangkir air per hari.

Tidak hanya berhasil menurunkan berat badan, tetapi berat badan mereka tetap terjaga usai setahun penelitian. "Bahkan lebih baik, mereka kehilangan 1-2 pound," kata dia. "Orang-orang harus minum lebih banyak air dan kurang manis, minuman kalori tinggi."

Bagaimana ini bisa terjadi ?
Unsur kimia air (H2O) bukanlah ramuan ajaib. Air bisa mengisi perut, tetapi tidak memiliki kalori. “Membuat orang kurang lapar dan makan lebih sedikit,” kata dia. Davy mengatakan belum tahu berapa idealnya air minum yang harus dikonsumsi sehari-hari. Namun, ia merekomendasikan untuk perempuan sekitar 9 cangkir minum cairan setiap hari, termasuk air dan minuman lainnya, dan laki-laki sekitar 13 cangkir. 
Nur Rochmi | Webmd

0 comments:

Post a Comment