Gold Price

Category

Search This Blog

Saturday, February 16, 2013

Mengenal HbA1c, apa hubungannya dengan diabetes ?


Glukosa dalam darah mengikat secara nonenzymatik  residu N-terminal valine dari rantai β-hemoglobin A dalam sel darah merah. Setelah modifikasi kimia spontan, dan penataan ulang Amadori,  produk ireversibel HbA1c terbentuk, maka semakin tinggi glukosa, HbA1c semakin tinggi pula. HbA1c beredar pada  seumur sel darah merah. Hal ini mencerminkan konsentrasi glukosa darah yang berlaku selama 2-3 bulan sebelumnya.

The Diabetes Control and Complications Trial (DCCT) pada diabetes tipe 1dan the UK Prospective Study (UKPDS) pada diabetes tipe 2 keduanya menunjukkan hubungan antara risiko meningkatnya mikrovaskuler dan komplikasi makrovaskuler diabetes dengan  meningkat HbA1c. HbA1c menunjukkan  ukuran risiko individu dari komplikasi jangka panjang dari diabetes.

Seri pengukuran HbA1c menunjukkan bagaimana melakukan kontrol glukosa individu, dan kemungkinan risiko komplikasi, perubahan dalam manajemen terapi. HbA1c harus diukur 2-6 bulan. Target tingkat HbA1c dapat diatur untuk setiap pasien dan terapi dapat  disesuaikan.

Target Umum HbA1c adalah  6.5-7.5% harus ditetapkan untuk setiap individu, dengan mempertimbangkan risiko hipoglikemia parah, status kardiovaskular dan co-morbiditas.


Table 1. Distribution of Mean HbA1c levels (% of total hemoglobin) (Population Norms)
AgeMenWomenSource
5-24 years5.02%4.95%NHANES III; (Saaddine,Fagot-Campagna et al.2002
40-45 years5.02%4.1%The Telecom Study;(Simon, Senan et al.1989)
≥ 60 years5.05%5.32%The Telecom Study;(Simon, Senan et al.1989)



HbA1c bukanlah satu satunya alat untuk mendiagnosis Diabetes. Pada  pertemuan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes, HbA1c untuk diagnosis (At the European Association for the Study of Diabetes meeting on HbA1c for diagnosis), banyak dokter tidak percaya tingkat hemoglobin terglikasi spontan untuk mendiagnosa diabetes, meskipun merupakan pedoman ADA.

Adalah risiko tinggi, pasien pre-diabetes tidak  diobati jika HbA1c kurang dari 6,5%, dan Glukosa puasa atau tes toleransi glukosa sering ditunjukkan untuk mengkonfirmasi diagnosis. Beberapa penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan EASD menunjukkan bahwa banyak pasien di populasi berisiko tinggi yang memang memiliki diabetes dengan HbA1c 6,5% yang cutoff.

Pada bulan Januari 2010, ADA menganjurkan penggunaan HbA1c lebih besar dari atau sama dengan 6,5% untuk mendiagnosa diabetes. Secara historis, tes telah direkomendasikan hanya untuk kontrol pemantauan glukosa, sedangkan diagnosis tergantung pada tes glukosa plasma puasa (126 mg / dL atau 7,0 mmol / L) atau dua jam tes toleransi glukosa (200 mg / dL atau 11,1 mmol / L).

Keuntungan pengukuran HbA1c atas pengukuran gula darah, adalah puasa termasuk yang tidak diperlukan dan HbA1c tidak dipengaruhi oleh stres dan dengan demikian lebih dapat diandalkan. Hemoglobin terglikasi juga umumnya lebih tinggi bagi kelompok etnis tertentu, terutama kulit hitam, serta pasien yang lebih tua dan terkena anemia, yang dapat menyebabkan misdiagnosis.

Setelah DCCT, ada sebuah standar baru yang spesifik untuk HbA1c disiapkan oleh Federasi Internasional Kimia Klinik dan Laboratorium Kedokteran (IFCC). Di masa depan, produsen akan memasok nilai standar IFCC untuk kalibrator mereka serta nilai-nilai yang selaras DCCT. Unit untuk melaporkan HbA1c juga akan berubah sehingga HbA1c yang dilaporkan oleh laboratorium dapat dilacak dengan metode referensi IFCC. Perbandingan global hasil HbA1c dapat dilakukan. Nilai eqivalen  DCCT untuk HbA1c juga akan diberikan untuk dua tahun pertama perubahan.

Hasil HbA1c dilacak dengan metode referensi IFCC dan dinyatakan sebagai mmol per mol unglycated hemoglobin.

Hubungan pengukuran antara metode referensi baru IFCC dan “DCCT aligned ” telah stabil selama beberapa tahun. Hasil HbA1c yang dinyatakan sebagai  %hemoglobin, maka persamaan menggambarkan hubungan adalah:

IFCC-HbA1c (mmol / mol) = [DCCT-HbA1c (%) - 2,15] x 10,929

panduan untuk nilai-nilai baru dinyatakan sebagai mmol / mol adalah:

Saat DCCT selaras HbA1c (%)
New IFCC HbA1c (mmol / mol)
4.020
5.031
6.042
6.548
7.053
7.558
8.064
9.075
10.086


Setara dengan target HbA1c DCCT saat ini sebesar 6,5% dan 7,5% yang 48mmol/mol dan 58mmol/mol di unit baru, dengan kisaran referensi non-diabetes dari 4,0% menjadi 6,0% menjadi 20 mmol / mol sampai 42 mmol / mol .

Hasil HbA1c dinyatakan dalam unit baru jelas sangat berbeda dengan yang saat ini digunakan. Sejak 1 Juni 2009, hasil akan diberikan di Inggris karena kedua unit IFCCstandardised (mmol / mol) dan unit selaras DCCT (%). Ini akan memberikan waktu semua orang untuk menjadi akrab dengan unit baru dan bagaimana mereka berhubungan dengan angka DCCT, dan dengan risiko komplikasi.

Mulai 1 Oktober 2011, semua hasil pengukuran  HbA1c akan dilaporkan hanya dalam unit IFCC

( dari berbagai sumber)

naskah lain :

Apakah HbA1c itu ?

HbA1c adalah zat yang terbentuk dari reaksi antara glukosa dengan hemoglobin (bagian dari sel darah merah yang bertugas mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh). HbA1c yang terbentuk akan tersimpan dan tetap bertahan di dalam sel darah merah selama ± 3 bulan, sesuai masa hidup sel darah merah. 

Jumlah HbA1c yang terbentuk, tergantung kadar glukosa di dalam darah sehingga hasil pemeriksaan HbA1c dapat menggambarkan rata-rata kadar glukosa darah selama ± 3 bulan.

Mengapa diabetisi perlu periksa HbA1c ?

Diabetisi perlu melakukan pemeriksaan HbA1c untuk mengetahui rata-rata kadar glukosa darah dalam waktu 1-3 bulan sebelumnya. Dengan demikian, diabetisi dapat menilai pengendalian diabetesnya dengan tujuan untuk mencegah komplikasi diabetes. Selain itu, pemeriksaan HbA1c juga dapat digunakan untuk menilai efektivitas perubahan terapi setelah 2-3 bulan.

Apa tidak cukup periksa glukosa darah saja ?

Pemeriksaan glukosa darah hanya mencerminkan kadar glukosa darah pada saat diabetisi diperiksa, tetapi tidak menggambarkan pengendalian diabetes jangka panjang (± 3 bulan). Meski demikian, pemeriksaan glukosa darah tetap diperlukan dalam pengelolaan diabetes, terutama untuk mengatasi permasalahan yang mungkin timbul akibat perubahan kadar glukosa darah secara mendadak.

Jadi, pemeriksaan HbA1c tidak dapat menggantikan maupun digantikan oleh pemeriksaan glukosa darah, tetapi pemeriksaan ini saling menunjang untuk memperoleh informasi yang tepat mengenai kualitas pengendalian diabetes seseorang.

Apa makna hasil pemeriksaan HbA1c ?

-   Nilai HbA1c < 6.5 % berarti kendali diabetes baik.

-   Nilai HbA1c 6.5 – 8 % berarti kendali diabetes sedang.

-   Nilai HbA1c > 8 % berarti kendali diabetes buruk.


Siapa yang perlu periksa HbA1c ?

Semua diabetisi memerlukan pemeriksaan HbA1c secara berkala untuk mendapatkan pengendalian diabetes yang baik.

Kapan diabetisi perlu periksa HbA1c ?

Sebaiknya diabetisi melakukan pemeriksaan HbA1c pada evaluasi medis pertama kali semenjak terdiagnosa menderita diabetes, selanjutnya dapat dilakukan setiap 3 bulan sekali sebagai bagian dari pengelolaan diabetes.

Di mana dapat periksa HbA1c ?

Pemeriksaan HbA1c dapat dilakukan di Laboratorium


Bagaimana cara melakukan pemeriksaan HbA1c ?

Oleh karena hasil pemeriksaan HbA1c tidak dipengaruhi oleh asupan makanan, obat maupun olahraga, maka diabetisi dapat melakukannya kapan saja tanpa perlu persiapan khusus. Sampel yang diperlukan berupa darah yang diambil dari pembuluh darah vena (di lengan).

Sumber

0 comments:

Post a Comment