Recent Posts

Search This Blog

Loading...

Gold Price


gold price charts provided by goldprice.org

Kurs Lengkap klikbca

Category

Sunday, October 23, 2011

Fakta Unik Tentang Hidung Manusia



Fakta menarik tentang hidung kita, walau setiap hidung memiliki dua lubang, namun tidak semua orang tahu, bahwa meski lubang hidung terlihat sama, tetapi memiliki fungsi yang berbeda. Tak hanya sekedar menarik nafas menghirup udara dan sebaliknya membuang kembali udara, ternyata hidung mempunyai kenyataan unik dan menarik.


Hidung Anatomi


Hidung Anatomi


Fakta bahwa lubang hidung sebelah kanan mengeluarkan hawa panas dan lubang sebelahnya, yaitu kiri, memiliki hawa dingin, seolah yin dan yang. Pada saat Anda sedang sakit kepala, cobalah bernafas menggunakan hidung sebelah kiri dengan menutup lubang hidung sebelah kanan tentunya. Lakukan selama kisaran waktu lima menit saja dan rasakan hasilnya. Sakit kepala akan terasa jauh berkurang karenanya dan menjadikan kepala terasa ringan. Teorinya, hawa dingin sudah keluar dari kepala Anda.


Pada saat merasa lelah dan penat sepulang kesibukan sehari-hari, cobalah melakukan hal tersebut di atas, namun menggunakan lubang hidung kanan, jangan lupa menutup lubang hidung yang kiri. Rasa segar dan fresh akan Anda rasakan beberapa saat setelah terapi ringan ini. Teorinya, hawa panas sudah keluar dari tubuh Anda.


Fakta bahwa kaum hawa bernapas lebih banyak melalui hidung sebelah kiri tanpa disadarinya, menyebabkan wanita hati dan perasaannya lebih mudah menjadi “dingin”, bernafas melalui lubang hidung kiri dapat meningkatkan pengeluaran alkali (basa). Sebaliknya kaum adam tanpa disadari lebih banyak bernapas melalui lubang hidung kanan, selalu mengeluarkan hawa panas, lebih mudah tersulut emosi yang menyebabkan kemarahan, karena melalui lubang hidung kanan dipercaya dapat meningkatkan sekresi (asam).


Faktanya bahwa bernapas mampu mempengaruhi proses kimiawi tubuh dengan cara yang berbeda, baik pada saat kedua lubang hidung bekerja secara bersamaan, kimia tubuh juga mengalami perubahan, atau pada saat hanya sebelah yang digunakan untuk bernapas dengan tujuan pengobatan tertentu.
Ada pendapat yang menyatakan bahwa bernapas melalui lubang hidung sebelah kiri dipandang mampu mempengaruhi aktivitas kortikal otak di sisi kanan, dan juga sebaliknya. Karenanya belahan otak kanan akan dipengaruhi oleh dominasi lubang hidung sebelah kiri, dan ini berkaitan dengan kemampuan dan emosional, visual, relaksasi dan kegiatan yang bersifat feminin.


Sementara lubang hidung kanan merangsang belahan otak kiri, dimana hal ini dapat dikaitkan dengan kegiatan yang bersifat verbal, lebih energik dan rasional.


Fungsi setiap lubang hidung dapat dirasakan pada saat proses penyembuhan, sama seperti di atas, yaitu jika Anda cenderung bernapas dengan dominan menggunakan :


Lubang hidung KANAN, berfungsi untuk :

  • Meredakan sakit kepala.
  • Membantu proses penyembuhan gangguan pencernaan kronis.
  • Meringankan susah buang air besar (sembelit) dan susah makan.

Lubang hidung KIRI, berfungsi untuk :

  • Mampu meredakan stres.
  • Mengatasi sulit tidur (insomnia).

Cara: berbaring di sisi kanan dan bernapas dengan lubang hidung kiri, tentunya dengan menutup lubang hidung kanan sekitar 25 – 30 menit.


Penjelasan ilmiahnya bahwa lubang hidung kanan dan kiri berhubungan dengan sisi berlawanan dari belahan otak dan lobus penciuman. Hidung berada dalam kontak langsung dengan hipotalamus melalui jalur dengan lobus pencium di otak. Hipotalamus adalah bagian dari sistem limbik, yang berkaitan dengan emosi dan motivasi.


Lubang hidung melalui proses respirasi dihubungkan dengan respons neuromotor dan dengan sistem saraf otonom. Respons neuromotor ini mempengaruhi belahan otak (hemisphere) dan juga aktivitas kimia otak, yang pada akhirnya mempengaruhi semua fungsi tubuh.


Benar tidaknya teori tersebut atau hanya sekedar mitos belaka, Anda dapat coba sendiri pada saat Anda lelah atau sakit kepala.


Fakta unik lain, bahwa hidung yang berfungsi indera penciuman pada bayi memiliki kinerja yang jauh lebih kuat dari manusia dewasa. Pada bayi, dengan memanfaatkan indera penciuman, bayi memiliki kemampuan untuk mengenali ibunya.


Sementara fakta lain menyebutkan bahwa indera penciuman manusia dapat mendeteksi kisaran 2,000 hingga 4,000 jenis bebauan yang berbeda


Sumber

0 comments:

Post a Comment