Gold Price

Category

Search This Blog

Saturday, May 14, 2011

3 Manfaat Lemak Bagi Tubuh



foto


TEMPO Interaktif, Memiliki tubuh berlemak tak selamanya buruk. Sebab, lemak dalam tubuh ternyata menyimpan banyak manfaat. Lemak dapat menyembuhkan infeksi, melindungi organ tubuh, hingga perpanjang usia.


Laman Daily Mail, Selasa, 10 Mei 2011 mengungkap hasil sejumlah peneliti dari Universitas Oxford, Universitas Cambridge, dan Universitas Hardvard, juga peneliti dari rumah sakit St George, London itu.


1. Mengatasi Infeksi
Memerangi infeksi membutuhkan energi yang sangat banyak, yang diberikan oleh sel lemak, yang merupakan sumber tenaga bagi tubuh. Sel lemak ini mengelilingi pusat imunitas tubuh yang disebut kelenjar betah bening. Kelenjar ini terletak di leher, ketiak, dan paha. 


Sel lemak itu juga mampu mengetahui adanya serangan virus. Sel itu nantinya akan melawan virus dengan menghasilkan protein yang menyebabkan pembakaran yang dapat mematikan infeksi. 


2. Melindungi organ tubuh
Jumlah lemak yang banyak tidak selamanya berarti membuat penyakit menjadi tumbuh subur. Sebaliknya, lemak justru dapat melindungi tubuh. 


Profesor Keith Frayn, peneliti metabolisme tubuh dari Universitas Oxford mengatakan 20 persen orang yang obesitas tidak memberikan tanda-tanda mengalami masalah obesitas. Mereka memiliki kadar kolesterol rendah, kadar gula yang baik, dan tekanan darah yang normal.


3. Memperpanjang usia
Sedikit gemuk pada usia 40-an dan 50-an bisa memperpanjang usia. Catherine Collins peneliti dari rumah sakit St George mengatakan dengan sedikit gemuk, dapat meningkatkan kepadatan tulang, terutama pada wanita. 


Selain itu, lemak dapat menyimpan vitamin dan mineral, dan mampu melawan kekurangan nutrisi pada tahun-tahun berikutnya. 




REUTERS/Finbarr O'Reilly


Sumber

0 comments:

Post a Comment