Gold Price

Category

Search This Blog

Friday, March 4, 2011

Chikungunya






Chikungunya merupakan penyakit hasil modifikasi dari demam dengue. Penyakit ini sering ditemukan di benua Afrika, India dan Asia Tenggara.


Chikungunya disebabkan oleh virus golongan arbovirus yang ditularkan dengan bantuan nyamuk Aedes. Gejala khas penyakit ini adalah terjadinya radang sendi yang parah atau arthritis.


Demam chikungunya pertama kali menjadi epidemi pada sekitar tahun 1952 – 1953 di Afrika Timur. Virus chikungunya termasuk jenis arthropod-borne (arbovirus) yang digolongkan ke keluarga Togaviridae, genus Alphavirus.


Manusia terinfeksi virus chikungunya atas bantuan nyamuk aedes aegypti. Penularan harus melalui perantara nyamuk tidak bisa antar manusia. Epidemi dari penyakit ini mirip dengan demam dengue dan demam kuning.


Gejala demam chikungunya muncul tiba tiba yang ditandai dengan demam, menggigil, sakit kepala, mual, muntah, nyeri sendi dan ruam pada kulit. Tidak seperti demam dengue, demam pada chikungunya lebih ringan ditambah dengan nyeri sendi yang hebat. Demam chikungunya jarang sekali berakibat fatal atau mematikan.


Pengobatan penyakit ini hanya diberikan pengobatan suportif atau berdasarkan gejala yang muncul.


Sumber

0 comments:

Post a Comment