Gold Price

Category

Search This Blog

Sunday, June 24, 2018

JENIS-JENIS KABEL LISTRIK: NYA, NYM, NYMHY, NYY, dan NYYHY


Jenis-jenis kabel listrik adalah salah satu pertanyaan yang dilontarkan orang awam ketika memilih kabel, dan dapat dimengerti dari ringkasan berikut.

JENIS-JENIS KABEL LISTRIK: MACAM-MACAM/TIPE-TIPE, UKURAN, DAN HARGANYA


Macam macam kabel jenis ukuran kabel listrik

Untuk instalasi listrik di rumah, secara umum kabel terdiri dari konduktor dan isolator.

Konduktor adalah bagian serabut tembaga atau alumunium yang fungsi utamanya menghantar aliran listrik. Daya hantar atau konduktansi dari sebuah kabel listrik ditentukan oleh parameter yang disebut dengan KHA (Kemampuan Hantar Arus). Kemampuan hantar arus dari kabel listrik berbeda-beda tergantung dari elemen atau bahan konduktor dari kebel listrik itu sendiri.


Isolator adalah bahan pembungkus kabel yang berfungsi sebagai pelindung (agar tidak mencederai manusia). Bagian isolator pada kabel listrik merupakan bahan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik, yang terbuat dari bahan karet atau plastik (thermoplastik atau thermosetting). Semakin baik tingkat isolator suatu kabel, semakin bagus kualitas dari kabel tersebut.


UKURAN KABEL LISTRIK DALAM KEMAMPUANNYA MENGALIRKAN ARUS LISTRIK


Ukuran kabel listrik (kemampuan kabel listrik) dalam menghantar arus listrik diindikasikan oleh Kemampuan Hantar arus (KHA) dalam satuan Ampere. KHA ini ditentukan oleh ukuran kabel itu sendiri, tepatnya luas penampang konduktor. Semakin besar penampang kabel, semakin besar kemampuannya menghantar arusnya listrik.


Contoh: Di Indonesia, kita menggunakan tegangan listrik 220V, dan pada kabel yang memiliki KHA 12 Ampere, daya yang dapat “diangkat” oleh kabel ini adalah:


Ampere x Volt = Watt

12 x 220 = 2,640 Watt

Artinya, segala barang elektronik yang memakan daya hingga 2,640 Watt, misalnya seperti kulkas dapat menggunakan kabel yang memiliki KHA 12 Ampere.


Sebagai orang awam, bagaimana kita mengetahui KHA dari sebuah kabel? Kembali dari pernyataan di atas, kemampuan hantar arus sebuah kabel ditentukan oleh luas penampang konduktor, dan indikatornya dapat Anda lihat di informasi kabel itu sendiri.


Jenis-jenis kabel listrik yang berbeda dinotasikan dengan kode-kode yang juga mencantum ukuran kabel listrik. Misalnya, kabel NYMHY 2×0,75mm persegi (nanti akan dijelaskan mengenai jenis-jenis kabel: NYM, NYY, NYMHY, NYYHY, NYA, dan NYAF) berarti kabel tersebut adalah tipe NYMHY dengan isi 2 konduktor, dengan masing-masing konduktor memiliki ukuran luas penampang 0,75 mm persegi. Begitu juga jika Anda menemukan misalnya ukuran 2×1,5mm persegi berarti kabel tersebut berintikan 2 konduktor yang memiliki luas penampang 1,5mm persegi. Juga misalnya 3×1,5mm persegi adalah kabel dengan memiliki 3 inti konduktor dengan luas penampang 1,5mm persegi untuk tiap konduktornya.


tabel kha dan luas penampang kabel nym nyy nyyhy nymhy

UKURAN KABEL (LUAS PENAMPANG) DAN KEMAMPUAN MENGHANTAR ARUS LISTRIK


Tabel di atas menunjukkan daftar berbagai ukuran kabel yang sering dipakai, dan kemampuannya menghantar arus listrik (KHA). Misalnya, Anda ingin membuat kabel perpanjangan untuk disambung ke sebuah alat elektronik rumah tangga. Misalnya, untuk keperluan menghidupkan kulkas dua pintu yang memakan daya 1.000 Watt. Berdasarkan tabel di atas, Anda membutuhkan kabel dengan nilai KHA 6 Ampere. Yang berarti, gunakanlah kabel dengan luas penampang 1,5mm persegi, sebab 0,75 mm persegi hanya mampu menghantarkan maksimal 880 watt.


UKURAN KABEL UNTUK BERBAGAI PERALATAN ELEKTRONIK RUMAH TANGGA


Lalu kabel dengan ukuran apa yang paling cocok untuk perabotan rumah tangga seperti TV, kompor listrik, AC, kulkas, dan lain-lain? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Toko Lampu Gajah menyediakan informasi dalam bentuk tabel berikut. 


UKURAN KABEL UNTUK BERBAGAI ALAT ELEKTRONIK RUMAH TANGGA



Menurut tabel tersebut, kabel dengan ukuran penampang 0,75mm persegi (misalnya dengan NYMHY x 0,75 mm persegi) sbenarnya sudah cukup untuk sebagian alat elektronik rumah tangga yang memakan daya besar, kulkas misalnya. Memang lebih aman menggunakan kabel dengan ukuran 1,5mm persegi, tetapi semakin luas penampang kabel, semakin mahal pula harganya.


Sumber

0 comments:

Post a Comment