Gold Price

Category

Search This Blog

Sunday, May 13, 2018

Satuan pada Batere: volt, watt, mAh, Ah, Wh


Berikut ini adalah beberapa satuan yang sering dipakai pada batere, terutama batere smartphone:


  • V / volt
  • W / watt
  • mAh / miliampere-hour
  • Ah / ampere-hour
  • Wh / watt-hour
  • volt  / V adalah satuan yang menyatakan tegangan pada batere. Tegangan ini adalah beda potensial listrik.


Penulisan satuan volt adalah volt dengan huruf kecil, atau singkatan V dengan huruf besar.

Watt / W adalah satuan yang menyatakan daya atau konsumsi energi per detik. Secara rumus watt (daya) = volt (tegangan) x ampere (arus). Makin besar daya maka makin besar konsumsi energi. Misal lampu dengan angka watt lebih tinggi lebih terang daripada lampu dengan watt kecil. Setrika listrik dengan watt tinggi lebih panas daripada setrika dengan watt kecil.

Penulisan satuan watt adalah watt dengan huruf kecil atau singkatannya W dengan huruf besar.

mAh (miliampere-hour) adalah gabungan dari mA (miliampere) dan hour (jam). Satuan ini dipakai di batere, yang maksudnya adalah kemampuan batere tersebut memberikan arus, atau dengan kata lain adalah kapasitas batere/daya tampung batere tersebut. Satuan mAh adalah hasil kali antara arus yang diberikan oleh batere dan berapa lama batere tersebut dapat memberikan arus sebesar itu.

Misal ada batere berkapasitas 1000 mAh, maka batere tersebut dapat memberikan arus 1000 mA selama 1 jam, atau 500 mA selama 2 jam, atau 2000 mA selama 1/2 jam. Dalam prakteknya batere makin boros ketika arusnya besar, jadi kalau kita paksa dia memberi arus besar, durasi arus itu tidak sebesar hasil perhitungan.

Berikut ini contoh batere NiMh dengan kapasitas 4700 mAh.


Batere NiMh dengan kapasitas 4700 mAh

Ah atau ampere hour mirip dengan Ah, hanya saja di sini digunakan satuan A (ampere), bukan mA (miliampere).  1 A = 1000 mA. Satuan Ah sering dipakai untuk batere besar, sedangkan batere kecil menggunakan satuan mAh.

Berikut ini contoh batere yang menggunakan satuan Ah


Batere 12V 70 AH

Wh atau watt-hour adalah satuan yang menyatakan energi total pada sebuah batere. Wh ini dapat dihitung dengan mengalikan tegangan batere (volt) dengan kapasitas batere (Ah). Misal jika diketahui kapasitas batere 2600 mAh dengan tegangan 3.8 volt, maka energi total pada batere adalah 2600 mAh x 3.8 volt= 9880 mWh atau 9,88 Wh. Berikut ini contoh batere Samsung Galaxy S4 yang mencantumkan satuan Wh.


Batere smartphone Samsung Galaxy S4 3.8 volt 9.88 Wh



0 comments:

Post a Comment