Gold Price

Category

Search This Blog

Friday, December 1, 2017

Instalasi Pipa AC Yang Benar


Sumber

Kenapa Pabrikan (Manufacturer) Air Conditioner mensyaratkan panjang minimal instalasi AC split merk-nya dengan panjang tertentu?

Seperti kita ketahui, Unit AC Split yang baru sudah terisi dengan refrigerant untuk kemudahan pemasangannya.

Pabrik/Pembuat AC mengisi refrigerant tersebut untuk panjang instalasi yang telah ditetapkan (rata2 untuk panjang instalasi normal 5-7meter).

Pabrikan anak memberikan garansi jika unit diinstalasi dengan panjang instalasi minimal 3 meter dan maksimal 10 meter. Selain itu juga instalasi vertikal ada batasannya. (misalnya seperti itu, untuk lebih detail bisa lihat di panduan instalasi masing2 pabrikan). Diluar panjang instalasi ini, mereka tidak memberikan garansi.

Dengan pre-charge refrigerant yang ada dalam sistem:

Apa efeknya jika instalasi terlalu pendek?
Semakin pendek pipa instalasi, tekanan kerja akan semakin tinggi. Ini mengakibatkan kerja Kompresor bisa lebih berat. Terlihat dari pemakaian arus yang lebih besar, tekanan suction yang tinggi (misalnya 100psi untuk R-22). Ruangan bisa tetap dingin tetapi dengan kondisi seperti ini, umur kompresor akan lebih pendek dibanding kompresor yang bekerja dalam range tekanan kerja yang normal.

Apa efeknya jika instalasi terlalu panjang?
Semakin panjang pipa instalasi, tekanan kerja akan semakin rendah. Ini mengakibatkan kerja Kompresor lebih ringan tetapi pendinginan motor kompresor akan berkurang sehingga Kompresor akan bekerja dalam temperatur motor yang lebih tinggi. Hal ini bisa menyebabkan motor overheating. Selain itu penurunan tekanan kerja di bawah normal akan menyebabkan pembekuan uap air di evaporator dan pipa suction sehingga menghambat proses pendinginan.

Terlihat dari pemakaian arus yang lebih kecil, tekanan suction yang rendah (misalnya 40psi untuk R-22). Ruangan kurang dingin dan dengan kondisi seperti ini, umur kompresor akan lebih pendek dibanding kompresor yang bekerja dalam range tekanan kerja yang normal.

Bagaimana jika saya sebagai teknisi melakukan instalasi panjang pipa di bawah standard? misalnya minimal instalasi 3 meter sementara yang dipasang hanya dengan jarak 1 meter?

Terlepas dari hubungannya dengan garansi, Instalasi yang semakin pendek akan semakin baik (kerugian kapasitas pendinginan akan lebih kecil sehingga sistem akan bekerja lebih efisien).

Yang harus dilakukan adalah mengurangi jumlah refrigerant sampai pada range yang standard. 

Sehingga kompresor bekerja dalam keadaan normal.
Bagaimana jika dalam keadaan terpaksa, teknisi melakukan instalasi panjang pipa lebih dari standard?

Sebaiknya instalasi tidak melebihi yang dianjurkan pabrik/pembuat. Tetapi jika tidak bisa dihindari, maka hal yang sebaiknya dilakukan adalah:

  1. Memindahkan expansion device (pipa kapiler) ke bagian dekat dengan indoor unit
  2. Menaikkan ukuran pipa suction lebih besar satu tingkat diatasnya. Misalnya pipa suction yang seharusnya ukuran 3/8 inch diganti dengan pipa ukuran 1/2 inch.

Hal yang sebaiknya dihindari:
Jika expansion device (pipa kapiler) berada dibagian outdoor unit, hindari menyatukan kedua pipa (keluar dari kondenser menuju evaporator dan pipa kembali dari evaporator menuju kompresor) dalam satu insulasi, karena akan mengurangi kapasitas pendinginan. Usahakan masing2 pipa diinsulasi sendiri.

Kenapa pabrik/pembuat tidak mau memberikan garansi untuk panjang pipa diluar standard mereka?
Tidak semua teknisi mengerti tentang aturan tekanan standard, maka untuk mencegah hal2 yang tidak diinginkan, pabrik membuat panduan instalasi secara general.

Note: Jika anda tidak mengetahui tentang hal2 yang dilarang/tidak diperbolehkan oleh pabrik/pembuat. Ikuti saja aturannya, karena mereka membuat barang melalui experimen2/riset yang teruji.

0 comments:

Post a Comment