Gold Price

Category

Search This Blog

Wednesday, March 21, 2012

Cara mengobati racun tomcat


Serangga tomcat sedang naik daun. Pasalnya, serangga yang dulunya hidup adem ayem di persawahan, kebun, atau taman kota, masuk ke pemukiman penduduk dan menimbulkan ‘teror’. Bahkan, tidak hanya di pemukiman orang kebanyakan, juga masuk ke apartemen-apartemen.


Pesawat F-14


Tomcat hanyalah nama julukan, mungkin karena bentuknya mirip dengan pesawat pemburu F-14 Tomcat. Nama sebenarnya adalah Paederus fuscipes, termasuk dalam keluarga besar kumbang.


Kepala tomcat berwarna hitam, dada dan perutnya oranye, dan sayapnya kebiruan. Ukurannya sekitar 0,7 cm sampai 1 cm. 





Racun


Berbeda dengan beberapa serangga lain, tomcat tidaklah menggigit. Serangga ini ‘hanya’ mengeluarkan racun bila berada dalam keadaan bahaya atau jika dipencet. Nah, racun inilah yang menjadi biang masalah.


Tomcat tidak hanya mengeluarkan racunnya saat kontak dengan kulit manusia, tetapi juga meninggalkannya di benda-benda sekitar manusia seperti baju, handuk, gorden, dan lain-lain.


Dermatitis


Racun tomcat disebut paederin. Konon racun ini lebih kuat dari bisa ular kobra. Jika terkena kulit, akan timbul peradangan yang tampak seperti luka bakar disertai rasa gatal dan keluarnya cairan. Bahasa medisnya adalah dermatitis.


Walaupun relatif tidak berbahaya, dermatitis kulit akibat racun tomcat sangat mengganggu. Oleh karena itu harus segera diatasi.


Berikut beberapa cara untuk mengatasi racun tomcat:

  • Segera cuci bagian kulit yang terkena dengan air sabun. Jangan oleskan bahan lain seperti minyak tawon, balsem, minyak kayu putih, pasta gigi, dll, karena dapat memperparah reaksi peradangan kulit.
  • Jangan menggaruk bagian yang terkena, walau gatal sekalipun. Garukan dapat menimbulkan iritasi kulit dan memperparah peradangan.
  • Untuk mengurangi reaksi peradangan, oleskan salep hidrokortison 1%, atau betametasone. Untuk mencegah infeksi dapat juga dioleskan salep neomycin sulfat.
  • Jangan oleskan salep Asiklovir, karena salep ini bukan untuk menetralkan racun, bukan pula menekan reaksi radang, tetapi obat antivirus yang tidak ada hubungannya dengan racun tomcat.

Demikian, semoga bermanfaat.


Sumber

0 comments:

Post a Comment