Gold Price

Category

Search This Blog

Sunday, December 12, 2010

Khasiat Bunga Rosella

Sumber: http://kesehatan.kompasiana.com/alternatif/2010/11/23/khasiat-bunga-rosella/

Pohon perdu ini kita tahu semua, batang nya bisa dibuat utk karung GONI yg sempat banyak diproduksi zaman dahulu, kmd BUNGA nya sekarang lg LARIS MANIS, dijual dipelosok antero kota di Indonesia. Nanam nya gampang dan banyak didapatkan sbg pagar didepan rumah2 zaman dahulu sbg penghias pagar, skarang sudah dibudidayakan dan menambah income wong cilik, bahkan mungkin jg kelas menengah Bahkan saya punya teman rajin mendatangkan dari ARAB krn kwalitas nya disana THE BEST ( 2-3 pucuk made in Arab jauh lebih atau lebih MERAH dp  5-7 pucuk product lokal ) dan disana seduhan bunga Rosella ini diminum sbg ganti nya TEH.
Saya pernah berbicara didepan collega dokter2 ahli penyakit dalam dan Jantung dg topik Rosella dan Mahoni .Kenapa saya tertarik dg Rosella, krn memang belakangan herbal ini bak jamur yg didapatkan di-mana2, sampai2 dipakai utk sirup dsb dsb.

Akhir nya saya masuk di website Rosella, ternyata ada 2 artikel ilmiah penelitian ttg Rosella ini yg cukup menarik, ke-dua2 nya dg binatang percobaan sejenis TIKUS, yaitu di INDIA dan TAIWAN. Ke-dua2 nya menyimpulkan ( hasil nya sama ) yaitu menyebabkan CREATININ darah menurun dan ANTIOKSIDANT di otak pd tikus percobaan masih  cukup banyak didapatkan dalam  Otak dari tikus yg diberi extrak bunga Rosella.

Sudah sekitar 3 tahun terakhir ini saya getol menganjurkan Rosella pd pasien2 dg Renal Insuficiency walau bidang saya bukan seorang internist ( dalam kepustakaan juga dipakai utk gangguan fungsi liver ) dan saya berani menganjurkan krn dikatakan tidak ada efek samping berbahaya sama sekali seperti hal nya biji MAHONI yg cukup berbahaya.

Tentang mahoni ini, saya ada pengalaman menarik, seorang ibu datang dg keluhan sakit kepala dan gatal2 seluruh tubuh sejak 2 tahun, sdh ke dr kulit tapi ya tergantung sama Claritin ( loratadine ), akhir nya saya anjurkan konsumsi biji MAHONI dg dosis tertentu ( tak boleh banyak2 ). Setelah beberapa bulan, dia baru bercerita, bahwa NYAMUK yg umum nya mengganggu dia setiap magrib, menjadi TAKUT mendekat dia dan sakit kepala juga mendingan dan aneh nya lagi GATAL2 nya seluruh tubuh nya hilang setiap konsumsi biji Mahoni tsb.

Sekian tulisan sederhana ini, moga2 menambah wawasan kita.

0 comments:

Post a Comment